SEJARAH KARTOGRAFI DARI PERIODE KUNO SAMPAI MODERN

SEJARAH KARTOGRAFI
Perkembangan kartografi dapat dikelompokkan dalam empat periode, yakni (1) periode kuno, (2) periode pertengahan, (3) periode renaissance, dan (4) periode modern.

(1)      Periode Kuno
Pembuatan peta pada periode ini masih dibuat secara manual dengan tangan (menuscript map). Peta – peta pada periode kuno ini terutama dibuat oleh orang – orang Yunani dan Tiongkok dan mutu ilmiahnya cukup tinggi pada masa itu.
(2)      Periode Pertengahan
Dalam periode ini perpetaan sangat dipengaruhi oleh aliran supernaturalisme Kristen. Pada periode ini mereke melukiskan muka bumi ke dalam bentuk peta tidak menurut keadaan yang sebenarnya namun sesuai dengan jalan pikiran mereka dengan disertai dengan perasaan yang artistic dan simbolik. Mereka beranggapan karena bumi adalah ciptaan Tuhan, dan Tuhan adalah Maha Sempurna, sehingga dalam menggambarkan ciptaannya pun harus sempurna, dan sempurna menurut pandangan mereka masa itu adalah semua kenampakannya harus digambarkan secara simetris. Karena perpetaan pada periode ini lebih dipenagruhi oleh aliran suatu agama, maka perpetaan mengalami kemerosotan mutu hasil, bahkan dibanding dengan periode kuno hasil perpetaan pada periode ini mutu hasilnya lebih rendah. Kondisi ini terjadi hingga periode tahun 800 – an. Pada akhir periode ini telah mulai ada metode pencetakan peta, meskipun masih sangat sederhana.
(3)   Periode Renaisance
Pada periode ini terjadi perubahan mendasar dalam kartografi atau perpetaan, yakni terjadi pada sekitar tahun 1500 –an, terjadi kondisi yang demikian, antara lain karena beberapa factor, yakni: (a) adanya kesadaran para pembuat peta akan makna ketinggalannya dalam perpetaan terhadap bangsa timur (Arab); (b) orang perpetaan mulai kembali ke prinsip – prinsip kartografi dan geografi; (c) peta – peta dapat dicetak dengan cepat, dalam jumlah besar, dan harga yang murah; dan (d) mereka menyadari makna ekspansi atau perkembangan wilayah yang pesat yang sangat memerlukan perpetaan.
(4)    Periode Modern

Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan pesat perpetaan pada periode modern, antara lain: (a) mulai tumbuh kembangnya logika manusia, sehingga segala sesuatunya didasarkan atas logika; (b) mulai ditemukannya peralatan kartografi yang baru, sehingga memberikan hasil perpetaan yang cepat dan lebih akurat; (c) terjadi peperangan di mana-mana sehingga sangat memerlukan pembuatan peta pada wilayah – wilayah tersebut; (d)mulai meluasnya hubungan inernasional, yang sangat memrlukan perpetaan untuk kelancaran komunikasi; (e) pada periode ini telah mulai ditemukan dan dikembangkan teknik foto udara; dan (f) adanya perkembangan ilmiah modern sangat mendukung perkembangan perpetaan pada periode modern ini.
SEJARAH KARTOGRAFI DARI PERIODE KUNO SAMPAI MODERN SEJARAH KARTOGRAFI DARI PERIODE KUNO SAMPAI MODERN Reviewed by Penjualhewan.com on 03:44 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.