DESKRIPSI WILAYAH (PENGEMBANGAN WISATA GOA UMBULTUK KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG
            Pariwisata merupakan bagian dari sektor industri di Indonesia yang mempunyai prospek cerah, dan mempunyai potensi serta peluang yang sangat besar untuk dikembangkan. Aset pariwisata dapat berupa objek, daya tarik, dan usaha yang berkaitan dengan kegiatan wisata. Dalam undang-undang Nomor 9 tahun 1990 disebutkan bahwa sumber daya dan modal besar pariwisata adalah keindahan alam, flora dan fauna, peningggalan purbakala, peninggalan sejarah, seni, dan budaya merupakan aset wisata yang bernilai tinggi.
            Kabupaten blitar memiliki objek wisata yang beragam yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata yang populer. Mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah, dan wisata budaya terdapat di kabupaten blitar. Dari segi wisata alam, di daerah Blitar tepatnya di Desa Tumpak kepuh Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar terdapat banyak tempat pariwisata, salah satunya yaitu Goa Umbultuk. Goa umbultuk merupakan sebuah goa alam yang didalamnya penuh dengan stalaktitnya.  Goa ini dulunya merupakan tempat persembunyian PKI. Panjang goa ini sekitar 1500 meter dan tingginya sekitar 3 meter. Goa umbultuk berjarak kurang lebih 50km dari kota Blitar. Goa ini masih belum berkembang terbukti dengan sebagian warga blitar sendiri masih belum tahu keberadaan goa ini. Keadaan goa ini masih sangat kurang dari kata sempurna. Kondisi eksterior dari goa ini masih kurang diperhatikan. Selain itu penunjuk jalan untuk sampai ke goa ini belum begitu jelas jadi bagi yang belum pernah ke gua ini harus bertanya pada penduduk sekitar agar tidak tersesat.
            Goa Umbultuk merupakan goa yang masih sangat alami. Tetapi pemerintah Blitar masih kurang memperhatikan dan mempromosikan goa ini. Fasilitasnya pun masih sangat minim. Di tempat ini hanya ada satu penjual makanan dan terdapat beberapa pemandu dengan membawakan lampu petromax karena goa disana sangat gelap jadi membutuhkan penerangan. Tidak ada toilet, toilet yang sebelumnya rusak dan tidak diperbaiki, belum ada yang mengelola tempat parkir. Di dalam makalah ini akan dikaji bagaimana keadaan Goa Umbultuk dan  bagaimana pengembangan wisata Goa Umbultuk menurut analisis SWOTnya.
1.2.RUMUSAN MASALAH
1.     Bagaimanakah keadaan geografis kabupaten Blitar?
2.     Bagaimanakah kondisi Goa Umbultuk di desa tumpak kepuh kecamatan bakung kabupaten blitar ?
3.     Bagaimanakah pengembangan wisata Goa Umbultuk menurut analisis SWOT?
1.3.TUJUAN
1.     Untuk mengetahui keadaan geografis kabupaten Blitar
2.     Untuk mengetahui kondisi Goa Umbultuk di desa tumpak kepuh kecamatan bakung kabupaten blitar
3.     Untuk mengetahui pengembangan wisata Goa Umbultuk menurut analisis SWOT



BAB II
PEMBAHASAN
1.   Keadaan Geografis Kabupaten Blitar
            Kabupaten Blitar merupakan Kabupaten yang terletak di Pulau Jawa bagian Timur. Merupakan salah satu Kabupaten dari 38 Kabupaten/Kota yang membagi habis wilayah Provinsi Jawa Timur, berada di pesisir Samodra Indonesia dengan batas wilayah sebagai berikut :  
Sebelah Utara    :  Berbatasan Dengan Kabupaten Kediri,
Sebelah Timur   :  Berbatasan Dengan Kabupaten Malang.   
Sebelah Selatan :  Berbatasan Dengan Samudera Indonesia.  
Sebelah Barat   :  Berbatasan Dengan Kabupaten Tulungagung.  
Dan Ditengah Wilayah Kabupaten Blitar Berbatasan Dengan Kota Blitar. Kabupaten Blitar berada di sebelah Selatan Khatulistiwa, terletak pada 111°40¹-112°10¹ Bujur Timur dan 7°58¹-8°9¹51¹¹ Lintang Selatan.
            Kecamatan Bakung merupakan salah satu dari dua puluh dua kecamatan yang membagi batas wilayah administrasi kabupaten blitar dengan batas-batas wilayah sebagai berikut : Sebelah barat kabupaten tulungagung, sebelah utara kecamatan kademangan dan kabupaten blitar, sebelah timur kecamatan wonotirto dan kabupaten blitar, dan sebelah selatan samudera indonesia. Kecamatan bakung dengan luas wilayah 111.24Km² terbagi menjadi 11 desa. Desa plandirejo merupakan desa terluas diantara 11 desa yang ada di wilayah kecamatan bakung.
            Kecamatan bakung berada di wilayah kabupaten blitar selatan yaitu sebelah selatan sungai brantas yang membelah kabupaten blitar menjadi dua bagian wilayah kabupaten blitar. bagian selatan mempunyai struktur tanah yang kurang subur dibandingkan dengan wilayah kabupaten blitar bagian utara. Wilayah kabupaten bakung merupakan dataran rendah dan dataran tinggi dengan ketinggian antara 48-300m dari permukaan air laut. Sebagian wilayahnya merupakan pegunungan berbatu yang membuat struktur tanah yang kurang subur bila dibandingkan dengan wilayah blitar bagian utara.
            Hamparan wilayah kecamatan bakung merupakan daerah dengan ketinggian rata-rata kurang lebih 203 meter di atas permukaan air laut, dengan distribusi wilayah menurut ketinggian yaitu :
·       45.45% kecamatan berada pada ketinggian antara <200 meter di atas permukaan air laut
·       0.00% kecamatan berada pada ketinggian antara 200-300 meter di atas permukaan air laut
·       54.55% kecamatan berada di atas permukaan air laut
            Terdapat enam kecamatan yang membagi habis wilayah kecamatan bakung dan ada 5 desa yang merupakan daerah pesisir. Berdasarkan topografi wilayah ada 3 desa di lembah, 7 desa berada di lereng, dan 1 desa berada di daratan.
            Di kecamatan bakung terdapat berbagai objek wisata yang menjadi daya tarik bagi warga untuk berkunjung ke bakung. Objek wisata di kecamatan bakung diantaranya goa embultuk, randu alas, pantai pangi dan monumen trisula. Goa embultuk dan pantai pangi berada di desa tumpakkepuh sedangkan monument trisula dan randu las berada di kecamatan bakung. Objek yang beragam di kecamatan bakung menjadikan kecamatan bakung menjadi kecamatan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

2.   Kondisi Goa Umbultuk
            Goa Umbultuk merupakan seabuah gua alam yang didalamnya penuh dengan stalaktit. Goa Umbultuk terletak di desa Tumpak Kepuh, kecamatan Bakung, arah selatan kota Blitar dengan jarak sekitar 50 km. Panjang gua ini sekitar 1500 meter sedang luas dan tingginya sekitar 3 meter. Sepanjang kurang lebih 1,5 km, pesona stalakmit dan stalaktit akan membuat anda merasa betah dengan suasana yang mengesankan, suara gemericik air bawah tanah menambah kesan alami. Pengunjung harus membawa lampu petromax dan memakai pakaian ganti.
            Goa Umbultuk merupakan satu-satunya gua di Blitar yang menyajikan keunikan stalaktit pada pengunjung. Wisata gua ini sering dikunjungi oleh para turis terutama pada libburan sekolah, dan jalan menuju gua ini pun telah direnovasi sehingga dapat dilalui kendaraan roda 4.
            Salah satu keunikan gua Umbultuk adalah airnya. Goa ini tidak seperti kebanyakan goa wisata lainnya karena bagian bawah interior goa merupakan badan air dengan kedalaman bervariasi mulai dari sekitar satu meter sampai dengan tiga meter. Para pengunjung goa harus bisa berenang untuk bisa menysusuri gua ini sampai ujung. Selama menyusuri gua sambil berenang para pengunjung bisa menikmati keindahan stalaktit dan air mengalir yang ada di dalam gua. Tidak diragukan lagi perpaduan keindahan antara bebatuan dan air hanya bisa dilihat di gua ini.
3.       Pengembangan wisata Goa Umbultuk menurut analisis SWOT
-          Strength ( kelebihan )
            Goa Umbultuk memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah seperti yang disebutkan diatas yaitu keindahan alami dari hasil perpaduan stalagtit dan juga aliran-aliran air yang ada didalam goa. Stalagtit yang ada di goa umbultuk mempunyai bentuk-bentuk yang unik dan indah. Ada yang berbentuk conical atau kerucut, ada yang berbentuk semi oval, dan bentuk-bentuk lainnya. Selain itu, aliran air didalam goa menambah keindahan interior goa. Aliran air didalam goa tidak hanya mengalir dengan tenang, akan tetapi juga melewati bebatuan, dan juga terdapat air terjun yang rendah. Salah satu keunikan lainnya adalah terdapat sesuatu di tengah gua yang dapat dibunyikan seperti sebuah gong. Keindahan goa yang seperti ini hanya dapat ditemukan di Goa umbultuk.
            Goa umbultuk meruapakan salah satu lokasi wisata di Blitar yang mudah diakses. Jalan menuju goa mudah dilalui oleh kendaraan bermotor. Kemudahan mengakses goa akan membuat para pengunjung tetap dalam kondisi prima untuk menjelajahi goa. Hal ini sangat penting karena jika jalan ke Goa Umbultuk sulit untuk dilalui para pengunjung akan menghabiskan stamina mereka dalam perjalanan menuju goa sehingga mereka akan terlalu lelah untuk menjelajahi goa dan untuk menikmati keindahan goa.
-        Weakness(kelemahan)
            Goa Umbultuk memiliki beberapa kelemahan bawaan. Salah satunya adalah pencahayaan di dalam goa. Jika seseorang mempunyai phobia terhadap kegelapan, maka orang tersebut tidak akan dapat menjelajahi interior goa. Selain itu pengunjung hanya dapat menikmati keindahan goa yang ada dalam pencahayaan lampu petromax. Kelemahan lainnya adalah kedalaman air di dalam goa. Untuk dapat menjelajahi goa sampai ke ujung, para pengunjung harus mempunyai kemampuan untuk berenang. Jika tidak dapat berenang maka pengunjung goa hanya dapat menikmati sebagian keindahan goa.
-        Opportunity (peluang)
            Ada banyak peluang untuk menjadikan wisata goa umbultuk menjadi lebih menarik di mata wisatawan. Ada 6 hal yang dapat dilakukan untuk menambah peluang bagi goa umbultuk, diantaranya adalah menambah toko yang menyediakan makanan disekitar goa, pembenahan dan penambahan jumlah kamar kecil, pengelolaan tempat parkir, menyediakan jasa penyewaan pelampung, mempekerjakan petugas kebersihan untuk membersihkan eksterior goa, dan memberikan lebih banyak petunjuk arah jalan menuju goa.
            Di bagian eksterior goa umbultuk hanya terdapat sebuah toko yang menyediakan makanan. Selain itu variasi makanan yang dijual di toko tersebut hanya berupa gorengan dan kopi. Para pengunjung yang menelusuri goa sejauh 1,5 km tentunya akan merasa lelah dan lapar. Penambahan toko makanan di sekitar goa dan juga penambahan variasi makanan yang dijual tentunya akan membuat goa umbultuk lebih menarik dan memuaskan para wisatawan.
            Di luar goa umbultuk hanya terdapat 2 kamar mandi dan kamar mandinya pun rusak. Pintu kamar mandi tersebut hilang sehingga jika menggunakan kamar mandi untuk mengganti pakaian harus ada orang lain yang mengawasi. Selain itu tempat penampungan air rusak parah sehingga para pengunjung tidak dapat buang air di kamar mandi tersebut. Pembenahan dan penambahan kamar mandi sangat penting untuk menambah kenyamanan para wisatawan karena sangat disayangkan bahwa para wisatawan harus melihat pemandangan yang seperti itu sebelum dan setelah memasuki goa.
            Tidak ada pengelolaan tempat parkir di goa umbultuk. Disana hanya terdapat sebidang tanah untuk menaruh kendaraan bermotor, selain itu tidak ada penjaga yang menunggu tempat parkir. Alangkah baiknya jika diadakan pengelolaan tempat parkir. Selain para pengunjung bisa tenang karena ada yang menjaga motor mereka, uang hasil parkir juga dapat menambah pendapatan warga sekitar.
            Sebagian kedalaman air di goa bisa mencapai sekitar 3 meter. Karena itu, banyak pengunjung yang tidak menyusuri goa sampai selesai dikarenakan mereka tidak dapat berenang. Salah satu cara untuk menyiasati masalah ini adalah dengan menyewakan jaket pelampung atau pelampung tangan. Dengan adanya penyewaan jaket pelampung atau pelampung tangan, para pengunjung goa akan dapat menyusuri goa sampai ujung walaupun mereka tidak dapat berenang sehingga pengunjung bia lebih puas dalam menyusuri goa. Selain itu penyewaan pelampung juga dapat menambah pendapatan warga sekitar.
            Kondisi kebersihan di eksterior goa umbultuk sebenarnya cukup bersih, tetapi kondisinya cenderung kurang terawat dan terdapat sedikit sampah yang berserakan di sana-sini. Sebaiknya pemerintah juga memperhatikan kondisi eksterior goa dengan memperkejakan petugas kebersihan. Hal ini dapat memaksimalkan potensi wisata goa umbultuk karena akan menampakkan keindahan eksterior dan interior goa.
            Jalan menuju goa umbultuk relatif mudah dilalui. Akan tetapi, bagi wisatawan yang belum pernah kesana akan kesulitan mencari goa karena kurangnya papan penunjuk arah menuju goa. Untuk menambah jumlah pengunjung goa, sebaiknya diletakkan plakat/papan yang menunjukkan arah menuju goa. Plakat dan papan tersebut akan mempermudah wisatawan yang ingin menuju goa dan juga dapat menarik perhatian orang yang kebetulan melewati papan/plakat tersebut sehingga membuat mereka penasaran dan mampir ke goa umbultuk.
-        Threat (ancaman)

            Goa umbultuk mempunyai berbagai ancaman untuk menjadikan goa tersebut sebagai tempat wisata yang indah dan menarik. Ancaman utama ada di bagian eksterior goa. Di bagian eksterior goa ada berbagai hal yang dapat membuat wisatawan enggan datang ke goa tersebut. Misalnya dengan bertambahnya jumlah pengunjung, akan bertambah pula jumlah orang-orang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan sehingga menjadikan eksterior goa kotor dan kurang diminati. Selain itu dengan penambahan  jumlah pengunjung, fasilitas-fasilitas umum disekitar goa seperti kamar mandi akan cepat rusak dan membutuhkan perawatan lebih untuk mempertahankan kegunaan fasilitas umum tersebut.

BAB III
PENUTUP
            Kabupaten Blitar merupakan Kabupaten yang terletak di Pulau Jawa bagian Timur. Kabupaten blitar memiliki objek wisata yang beragam yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata yang populer, salah satunya yaitu Goa Umbultuk. Goa Umbultuk merupakan seabuah gua alam yang didalamnya penuh dengan stalaktit. Goa Umbultuk terletak di desa Tumpak Kepuh, kecamatan Bakung, arah selatan kota Blitar dengan jarak sekitar 50 km. Pengembangan wisata Goa Umbultuk dapat dikaji menurut analisis SWOTnya.
            Goa Umbultuk memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah keindahan alami dari hasil perpaduan stalagtit dan juga aliran-aliran air yang ada didalam goa. Selain itu, Goa umbultuk merupakan salah satu lokasi wisata di Blitar yang mudah diakses. Goa Umbultuk memiliki beberapa kelemahan bawaan. Salah satunya adalah pencahayaan di dalam goa. Jika seseorang mempunyai phobia terhadap kegelapan, maka orang tersebut tidak akan dapat menjelajahi interior goa. Ada 6 hal yang dapat dilakukan untuk menambah peluang bagi goa umbultuk, diantaranya adalah menambah toko yang menyediakan makanan disekitar goa, pembenahan dan penambahan jumlah kamar kecil, pengelolaan tempat parkir, menyediakan jasa penyewaan pelampung, mempekerjakan petugas kebersihan untuk membersihkan eksterior goa, dan memberikan lebih banyak petunjuk arah jalan menuju goa. Ancaman utama Gua Umbultuk ada di bagian eksterior goa. Misalnya dengan bertambahnya jumlah pengunjung, akan bertambah pula jumlah orang-orang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan sehingga menjadikan eksterior goa kotor dan kurang diminati. Selain itu dengan penambahan  jumlah pengunjung, fasilitas-fasilitas umum disekitar goa seperti kamar mandi akan cepat rusak dan membutuhkan perawatan lebih untuk mempertahankan kegunaan fasilitas umum tersebut.


DAFTAR PUSTAKA

Ayustin Mansur, Firda. 2014. Goa Embultuk, Saran PKI Yang Eksotis. (Online), (m.kompasiana.com/post/read/702450/1/goa-embultuk-sarang-pki-yang-eksotis.html), diakses tanggal 7 februari 2015
Dinas Perbudpar Kab.Blitar. 2012. Gambaran Umum. (Online), (www.blitarkab.go.id/2012/06/272.html), diakses tanggal 6 februari 2015
Dinas Perbudpar Kab Blitar. 2012. Wisata Gua Embultuk. (Online), (www.blitarkab.go.id/2012/06/229.html), diakses tanggal 6 februari 2015
Sutarso,Joko.2012.Menggagas Pariwisata Berbasis Budaya Dan Kearifan Lokal.


Download Makalah


DESKRIPSI WILAYAH (PENGEMBANGAN WISATA GOA UMBULTUK KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR) DESKRIPSI WILAYAH (PENGEMBANGAN WISATA GOA UMBULTUK KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR) Reviewed by Penjualhewan.com on 05:39 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.