Geografi Ekonomi

   
Geografi Ekonomi adalah cabang Geografi Manusia yang bidang studinya struktur keruangan aktivitas ekonomi. Mengenai Geografi Ekonomi, beberapa pakar telah memberikan konsepnya, antara lain Jones dan Dakenwald (1954) dalam bukunya "Economic Geography", Miller dan Renner (1 958) dalam bukunya "Global Geography", Alexander (1963) dalam bukunya "Economic Geography", Robinson H (1972) dalam buknya "Geography for Bussines Studies" dan Thoman Richards (1 974) dalam bukunya "The Geography of Economic Activity". 

Dari beberapa konsep yang telah diberikan, dapat disimpulkan, bahwa geografi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara struktur aktivitas ekonomi manusia dalam memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbagai ragam keruangan di permukaan bumi, yang mempunyai kondisi geografis yang berbeda. Aspek yang dipelajari dalam geografi ekonomi adalah aspek keruangan struktur ekonomi manusia yang termasuk didalamnya bidang pertanian, industri, perdagangan, transportasi dan komunikasi. Selain itu, aspek seperti jumlah dan distribusi penduduk (number and distribution of people), peranan unit-unit politik (role of political units), peranan ekonomi (role of economic), peranan lingkungan budaya (role of the cultural environment), peranan lingkungan alam (role of the natural environment), interaksi antara manusia, budaya dan alam (interaction of man, culture and nature), lokasi, ukuran dan bentuk dari sumberdaya (location, size and shape) juga dipelajari dalam geografi ekonomi. Dalam analisis geografi ekonomi, faktor lingkungan ditinjau sebagai faktor pendukung (sebagai sumberdaya) dan sebagai faktor penghambat struktur aktivitas ekonomi penduduk. Berdasarkan studinya geografi ekonomi dapat dibedakan lagi menjadi Geografi Sumberdaya, Geografi Pertanian, Geografi Industri, Geografi Perdagangan, Geografi Transportasi, dan Geografi Komunikasi. Dalam meninjau dan menganalisis struktur ekonomi suatu wilayah, lingkungan geografi dijadikan dasar yang mempengaruhi perkembangan aktivitas ekonomi penduduk di wilayah yang bersangkutan. Cara mempelajari geografi ekonomi adalah dengan menggunakan pendekatan regional dan pendekatan topik. Pendekatan regional menitikberatkan pada suatu ruang dalam mempengaruhi struktur ekonomi wilayah, seperti jenis pekerjaan, pertumbuhan ekonomi, perkembagan ekonomi dapat diukur dari suatu region/ruang tersebu, sehingga berbeda dengan daerah lain. Pendekatan topik yaitu pendekatan mengenai suatu gejala atau fenomena tertentu atau terhadap gejala-gejala pembentuk fenomena. Jadi cara mempelajari geografi ekonomi adalah dengan menggunakan dua pendekatan tersebut untuk mengetahui bebagai aktivitas ekonomi dan perkembangan ekonomi wilayah.
2.Pengembangan wilayah merupakan rangkaian upaya untuk mewujudkan keterpaduan dalam penggunaan berbagai sumber daya, memeratakan dan menyeimbangkan pembangunan nasional dan kesatuan wilayah nasional, meningkatkan keserasian antar kawasan, keterpaduan antar sektor pembagunan melalui proses penataan ruang dalam rangka pencapaian tujuan pembanguanan berkelanjutan. Dalam penembangan suatu wilayah diperlukan suatu perencanaan dan strategi yang matang agar tercapai tujuan yang diinginkan. Untuk itu ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembagan wilayah, diantaranya:
a.Faktor Fisik
Faktor fisik wilayah meliputi kondisi iklim, kondisi geografis, kondisi gemomorfologis dan Topografi. Dari kondisi fisik tersebut akan menentukan sumber daya alam yang dimiliki wilayah, sehingga dengan adanya sumber daya alam yang potensial dari wilayah tersebut dapat dikembangkan secara optimal. Dengan memanfaatkan sumber daya alam secara optimal untuk pembangunan perekonomian wilayah, karena sumber daya alam merupakan investasi daerah sebgai pemasukan ekonomi daerah, daerah akan berkembang dan makmur jika memiliki sumber daya alam yang melimpah dan dimanfaatkan secara optimal. Sehingga PDRB dan APBD daerah akan meningkat.  faktor fisik yang sangat berpengaruh adalah kondisi iklim, karena Iklim tersebut akan menetukan komoditas lokal daerah yang akan menjadi unggulan.

b.Faktor Sosial
Faktor sosial yang perlu diperhatikan adalah, Sumber Daya Manusia, dapat dilihat dari tinggat pendidikan penduduk, berapa jumlah sarjana, penduduk yang mengenyam pendidikan dan sebagainya.


3.Ketika saya menjadi bupati nanti program untuk pengembangan ekonomi Wilayah Kabupaten Kediri adalah Dengan mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah dan Permudahan perizinan usaha dengan konsep wilayah tertentu dan di kelompokan,serta melindungi usaha kecil menengah dengan memberi fasilitas simpan pinjam dan bantuan sarana-prasarana yang tepat Mengembangkan wisata-wisata yang ada di kota Kediri dan Bekerja sama dengan investor-investor luar untuk pembangunan wisata yang cocok dengan wilayah kabupaten Kediri.
Geografi Ekonomi Geografi Ekonomi Reviewed by Penjualhewan.com on 01:30 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.