Makalah Network Analyst dalam SIG

I.           Pembahasan
Pada praktikum acara 5 ini model yang digunakan dalam analisis SIG yaitu menggunakan model network analyst atau analisis jaringan. Dalam praktikum ini yaitu menganalisis jaringan jalan dengan mencari rute alternative  yang paling cepat atau efektif untuk dilalui berdasarkan jarak ataupun waktu tempuhnya. Dengan menggunakan network analyst, maka akan dapat mengeksekusi jalur alternative lain yang paling ekfektif untuk dilewati, walaupun adanya hambatan, misalnya jalan rusak, macet, jalur satu arah, ataupun hambatan yang lainnya.
Dalam hal ini maka dibutuhkan data vector / shapefile jalan untuk memanipulasi atau membuat model network analyst. Pada praktikum ini, kita membuat data vector jaringan jalan sendiri, dengan titik koordinat yan telah ditentukan, yaitu:
Titik
Koordinat X
Koordinat Y
1
425000
9140000
2
435000
9140000
3
435000
9135000
4
425000
9135000

Setelah jaringan jalan terbentuk, kemudian memberikan 3 titik penempatan stop dan barriers. Untuk penempatan stop, diasumsikan sebagai terminal, halte bis 1, dan halte bis 2. Terminal berada di Jl. Soekarno, halte bis 1 berada di Jl. Diponegoro, dan halte bis 2 berada di Jl. Soedirman. Sedangkan untuk penempatan titik barriers, diasumsikan sebagai perbaikan jalan, demonstrasi mahasiswa, dan hajatan. Perbaikan jalan berada di Jl. Soekarno, demonstrasi mahasiswa berada di Jl. Diponegoro, dan sedang ada hajatan yang berada di Jl. Suparman.
Sehingga dengan model network analyst dapat diketahui jalur alternative lain yang paling ekfektif untuk dilewati berdasarkan jarak ataupun waktu tempuhnya. Dengan rute atau jalurnya yaitu sebagai berikut berangkat dari titik pertama atau terminal, berjalan ke arah utara menuju Jl. Ahmad Yani atau Jl. Katamso. Tetapi dikarenakan di Jl. Diponegorodari arah Jl. Katamso ada hambatan yaitu demonstrasi mahasiswa, maka jalur alternative yang dilewati yaitu melalui Jl. Ahmad Yani, belok kiri untuk menuju halte bis 1 di Jl. Diponegoro. Dari halte bis 1, lanjut perjalanan ke halte bis 2 dengan melewati Jl. Diponegoro kembali, kemudian lanjut ke Jl. Sugiyono, belok kiri tajam ke Jl. Soedirman menuju halte bis 2. Total jarak yang ditempuh yaitu sejauh 15,1 mil dengan total waktu < 1 menit.

II.         Kesimpulan

Dari hasil praktikum dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa network analyst memiliki banyak fungsi, salah satunya yaitu untuk menentukan rute atau jalur alternative yang paling efektif untuk dilalui berdasarkan jarak ataupun waktu yang ditempuhnya. Walaupun adanya hambatan, misalnya jalan rusak, macet, jalur satu arah, ataupun hambatan yang lainnya. Dalam network analyst juga tetap mempertimbangkan keadaan setiap segmen garis atau ruas jalan yang mungkin terjadi pada kenyataannya.


Untuk Download Full makalahnya sampai daftar Pustaka bisa di download disini

Makalah Network Analyst dalam SIG Makalah Network Analyst dalam SIG Reviewed by Penjualhewan.com on 03:24 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.