Makalah PERANAN BUDAYA TERHADAP KETAHANAN BANGSA INDONESIA

Peranan Budaya terhadap Ketahanan Bangsa Indonesia

Pendahuluan
A.    Latar Belakang
Bangsa Indonesia adalah bangsa  yang memiliki banyak budaya. Banyak dan beragamnnya budaya Indonesia membuat bangsa ini menjadi kaya dan memiliki banyak perbedaan. Layaknya sebuah kebun, akan indah bila memiliki banyak bunga dengan beragam jenis dan warna, begitu juga bangsa Indonesia. Bangsa yang memiliki beragam kebudayaan dapat menjadi bangsa yang kuat dan kaya sehingga disegani bangsa-bangsa lain di dunia.
Kebudayaan memang ibarat bunga, dari benih,perlu dirawat dan ditata untuk membuat sebuah kebun yang indah. Sayangnya, bangsa ini meskipun telah memiliki banyak benih, namun belum dapat menata dan merawat bunga-bunga ini. Hal ini justru membuat bunga-bunga ini saling bersaing dan tumpang tindih untuk memamerkan keindahan masing-masing sehingga menjadi semrawut dan bukan menciptakan keindahan. Tentu saja, ketidadk teraturan ini membuat kebun menjadi malas untuk dilihat dan didatangi burung, kupu-kupu, apalagi manusia.
Sebenarnya, menurut Selo Soemardjan budaya dan Soelaiman Soemardi adalah  sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide yang ada dalam pikiran manusia dalam pengalaman sehari hari yang sifatnya abstrak. Sedangkan menurut Koentjoroningrat, kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar. Menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai. Jadi kebudayaan adalah sebuah sistem yang diperoleh dari ide, gagasan, pikiran, yang terlahir untuk mengatasi tantangan hidup yang ada di alam sebagai bentuk adaptasi agar tetap hidup dan mencapai keselamatan serta kesejahteraan
Adapun unsur-unsur kebudayaan adalah : bahasa, sistem pengetahuna, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan tekhnologi, sistem mata pencaharian, sistem religi, kesenian. Wujud kebudayaan yaitu wujud ide, wujud perilaku, wujud artefak
Sebagai mahasiswa dan generasi muda, sudah selayaknya hal ini menjadi perhatian agar bangsa Indonesia disegani.
Dalam makalah ini, penulis akan membahas beberapa hal. Yang pertama, kebudayaan bangsa Indonesia Yang kedua,ironi yang terjadi terhadap budaya bangsa Indonesia. Yang ketiga, Peranan budaya tehadap ketahanan nasional. Yang terakhir, solusi apa yang bisa dilakukan sebagai generasi muda.
B.    Pembahasan
Indonesia mempunyai budaya yang sangat beragam, yang terdiri atas ratusan suku bangsa yang masing-masing memiliki adat istiadat, bahasa, agama, dan kepercayaan yang berbeda – beda. Namun, sayang apabila anugerah tersebut tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Masyarakat kurang sadar betapa pedulinya bangsa lain untuk melihat indahnya keberagaman budaya bangsa ini,yang seharusnya dilestarikan keindahanya di kembangkan kebudayaanya demi menjaga keaslian bangsa ini. Budaya bangsa yang mulai luntur dan rapuh harus kita kembalikan agar kemelut- kemelut bangsa kita menjadi sirna. Identitas budaya bangsa  harus tetap dipertahankan untuk menyongsong masa depan yang lebih menjanjikan. Maka di pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang :
1.     Kebudayaan bangsa Indonesia
Budaya orang indonesia kental dengan ramah tamah, gotong royong, saling hormat menghormati dan bermusyarawarah itu kerap kali kita lihat dari budaya masyarakat indonesia. walaupun bangsa indonesia terdiri dari beberapa ras, budaya, serta tradisi masing masing yang sudah dipastikan berbeda. Negara indonesia dikenal dengan kemajemukkan suku dan bertoleransi tinggi, ini dibuktikan banyak sekali suku-suku yang ada di indonesia, seperti : Jawa, Sunda, Batak, Dayak, dll. Tetapi semua itu tidak menjadi suatu perbedaan yang menuju keperpecahan melainkan dengan perbedaan itu menciptakan sikap saling toleransi, dan kita lebih menghargai akan budaya daerah yang lain. Serta perbedaan itu telah di persatukan oleh Bahasa Indonesia yang menjadi alat pemersatu suku-suku yang ada di indonesia ini.
Di Indonesia sendiri budaya saling hormat-menghormati masih sangat kental, dapat di lihat dari perilaku budaya cium tangan anak kepada kedua orang tua ‘Salim’, serta budaya selalu menggunakkan tangan kanan ‘Jabat Tangan, Memberi Barang atau Menerima Sesuatu’. Itu merupakan sedikit dari banyaknya tradisi dan budaya bangsa indonesia yang sudah mengakar kuat kepada anak cucu kita. budaya Indonesia sangatlah beraneka ragam bahkan kaya, apabila kita berada di kota yang berbeda kita pasti juga akan menemukkan budaya yang berbeda pula.

Lebih lanjutnya makalah tentang peranan budaya terhadap ketahanan bangsa bisa di download di sini
Makalah PERANAN BUDAYA TERHADAP KETAHANAN BANGSA INDONESIA Makalah PERANAN BUDAYA TERHADAP KETAHANAN  BANGSA INDONESIA Reviewed by Penjualhewan.com on 20:18 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.