Mengapa Indonesia beriklim A (Af, Am, Aw)

Klasifikasi iklim menurut Koppen di Indonesia sebagai berikut:
Af : Terdapat di daerah Indonesia bagian barat, tengah dan utara yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Utara. Curah hujan turun tiap-tiap bulan sepanjang tahun.
Aw :Terdapat di daerah Indonesia yang letaknya dekat dengan Benua Australia meliputi Jawa Timur, Madura, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan dan Tenggara. Kepulauan Aru dan Irian Jaya pantai selatan.Daerah ini mempunyai musim kemarau panjang selama musim dingin di belahan bumi selatan.
Am:Terdapat di daerah Indonesia antara daerah iklim Af dan Aw diatas meliputi daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, sebagaian Sulawesi Selatan dan sebagaian pantai selatan Irian Jaya.
Karena:
Iklim A atau iklim tropis. Cirinya adalah sebagai berikut:
• suhu rata-rata bulanan tidak kurang dari 18°C,
• suhu rata-rata tahunan 20°C-25°C,
• curah hujan rata-rata lebih dari 70 cm/tahun, dan
• tumbuhan yang tumbuh beraneka ragam.

Menurut Teori Koppen Indonesia beriklim Af, Am, Aw dikarenakan
a)Berada pada lintang khatulistiwa yang memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun.
b)Secara astronomis Indonesia berada pada lintang 6LU-11LS dan 95BT-141BT yang merupakan iklim rendah.
c)Secara geografis Indonesia terletak diantara 2 samudra dan 2 benua yaitu: Asia dan Australia yang menjadi tempat perlintasan angin yang berganti arah setiap 6 bulan sekali.
d)Bentuk wilayah Indonesia berupa kepulauan yang dikelilingi laut mengakibatkan rata-rata kelembapan udara tinggi, bahkan pada musim kemaraupun kelembapan relatifnya masih di atas 70%–80%.
e)Wilayah Indonesia yang memiliki dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan sehingga memiliki suhu udara yang berbeda-beda.
f)Wilayah Indonesia di sekitar ekuator mengakibatkan rata-rata suhu tahunan senantiasa tinggi (suhu bulan terdingin masih di atas 18°C), karena penyinaran Matahari senantiasa tegak dan sebagian besar wilayahnya berada pada kawasan angin tenang (doldrum) sehingga terbebas dari bencana akibat badai tropis (siklon).

Mengapa Indonesia beriklim A (Af, Am, Aw) Mengapa Indonesia beriklim A (Af, Am, Aw) Reviewed by Penjualhewan.com on 06:53 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.