Pembagian REALM RUSIA

A.    Kualitas Geografi Utama Realm Rusia

    Realm geografik merupakan satuan keruangan  terbesar yang didasarkan pada kriteria baik alamiah atau manusia. Rusia merupakan bagian dari Realm Geografik Eropa.  Rusia merupakan bekas jantung “kerajaan” Uni Soviet, wilayahnya sangat luas di dunia, wlaupun telah kehilangan 11 negara koloninya pada tahun 1991. Wilayah Rusia berada pada benua Eropa, khususnya Eropa Timur serta benua Asia di mana Pegunungan Ural menjadi batas antara kedua benua. Wilayah Rusia sangat luas, luasnya mendekati dua kali lipat wilayah Kanda yang menduduki rangking ke-2 di dunia. (Marhadi,2014:210-212)

    Fisiografis Rusia didominasi oleh dataran luas dan dataran tinggi, yang dikelilingi oleh pegunungan terjal. Pegunungan terjal itu adalah pegunungan ural yang membentang dari pusat perbatasan Polandia ke Siberia pusat. Zona pegunungan yang terjal memisahkan dari pengaruh aliran udara dari sub tropis yang hangat, dan negara ini terbuka letaknya dari aliran angin Artik. Wilayah deretan pengunungan Ural banyak didominasi hutan lebat dan kaya sumber mineral.
    Negara Rusia telah didominasi oleh kaum tsar dan selanjutnya diruntuhkan oleh kaum komunis dan berubah menjadi negara Uni Soviet. Pada Perang Dunia ke-2 Uni Soviet mengalami kerusakan fatal, akan tetapi dengan semangat nasionalisme Perang Dunia ke-2 negara ini menduduki negara adidaya yang didukung oleh kekuatan militer yang tangguh dan pionir dalam program penjajahan ruang angkasa. Pada tanggal 25 Desember 1991 negara Uni Soviet telah dibubarkan dan berubah menjadi negara Rusia dengan kehilangan 11 koloninya.
    Realm Rusia dapat dikelompokan menjadi empat region gegrafis, yakni (1) Inti Rusia berpusat di Moskow, (2) Daerah pinggiran bagian timur, (3) Siberia, dan (4) Timur Jauh.


Pembagian REALM RUSIA Pembagian REALM RUSIA Reviewed by Penjualhewan.com on 03:17 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.