Belajar Mitigasi Bencana Dari Negara Jepang


Informasi terkait mitigasi bencana membuat Indonesia harus kembali belajar banyak dari pelatihan mitigasi bencana di Jepang. Negara yang kerap dilanda gempa bumi dan tsunami sadar betul akan dampak destruktif dari gempa bumi.

Jepang memaksimalkan fungsi peringatan diri sehingga risiko bencana dapat dikurangi latihan mitigasi bencana gempa bumi dilakukan tiap bulan di sekolah sekolah dasar. Ketika alarm peringatan berbunyi anak-anak di sekolah mulai mencari tempat berlindung di kolong meja untuk melindungi diri dari reruntuhan barang dan material bangunan jika berada di luar ruangan mereka diajarkan untuk segera lari ke tempat yang terbuka agar terhindar dari reruntuhan puing-puing bangunan dan fasilitas kota lainnya.



Jepang juga memiliki alat simulasi gempa yang bertujuan untuk membiasakan anak sekolah merasakan sensasi gempa sehingga lebih peka mengambil langkah penyelamatan diri ada juga aturan yang mewajibkan sekolah dengan dua lantai atau lebih harus dilengkapi jalur evakuasi untuk menuju tempat aman.

Selain dilengkapi ilmu mitigasi bencana badan meteorologi Jepang atau JMA juga memiliki layanan peringatan dini tsunami yang lebih lengkap dibanding Indonesia sedikitnya JMA memiliki 200 Seismograf 600 alat Meter Intensitas Seismik 3600 alat Meter Intensitas seismik yang dikelola pemerintah Jepang bersama Institut riset nasional Jepang.

Data tersebut kemudian dikelola oleh sistem pengarahan fenomena gempa bumi yang berpusat di Tokyo sistem ini terintegrasi dengan stasiun televisi nasional NHK tak hanya itu sebagian kota Jepang dilengkapi pengeras suara yang menyiarkan informasi darurat kepada penduduk serta pendistribusian radio agar warga dapat menerima perintah evakuasi rangkaian program mitigasi gempa bumi di Jepang ini menciptakan ketenangan di kalangan masyarakat Jepang setiap kali gempa menimpa negara Sakura tersebut.

Indonesia sendiri harusnya lebih siap dan belajar banyak dari negara jepang. Pemerintah dan semua pihak harus bekerja sama membuat budaya siap akan bencana. Hal ini akan membuat masyarakat indonesia siap mengahadapi dan tau apa yang harus di lakukan ketika bencana alam datang.

Baca Juga : Materi Mitigasi Bencana Alam

Belajar Mitigasi Bencana Dari Negara Jepang Belajar Mitigasi Bencana Dari Negara Jepang Reviewed by Gosfaj on 00:34 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.